Dakwah Dengan Tulisan, Siapa Takut ?! ( Part.1)

Dakwah tidak hanya dapat dilakukan melalui ucapan semata, lebih dari itu dakwah dengan tulisan mempunyai kekuatan tersendiri.
Banyak cara untuk dapat menegakkan kalimat Alloh azza wa jallla di muka bumi ini. Salah satu cara yang kini menjadi pilihan beberapa aktivis dakwah yaitu dakwah melalui goresan pena. Bila dakwah melalui ajakan secara verbal sudah sering kita lihat. Dakwah yang satu ini kini mulai sering dijadikan sebagai salah satu penopang kesuksesan target dakwah. Di zaman Rosullulloh Saw. Surat menyurat merupakan salah satu wahana untuk mengajak beriman bagi kaum tertentu.
Kini, dakwah dengan tulisan menjadi bagian penting dalam sebuah proses dakwah. Majalah, Surat Kabar hingga Buletin-Buletin Islami yang semakin menjamur merupakan salah satu indikasinya. Akses mengenai berita dunia islam sangat mudah diperoleh melalui internet. Dakwah melalui tulisan tidak hanya menjadi ekspresi jiwa intelektualitas dari umat islam. Namun, menjadi wujud begitu pentingnya dakwah melalui tulisan tsb.
Faktor IT
Hari gini gak bisa IT (information technology)?! Suatu pertanyaan yang cukup mengusik telinga setiap orang yang tidak capable di bidang ini. Begitu pentingnya kemampuan dibidang IT hingga beberapa orang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mengikuti pelatihan IT. Kemajuan teknologi yang begitu cepat membutuhkan respon yang cepat pula bila mereka tidak ingin disebut tertinggal (gaptek). Saat ini sudah bukan zamannya lagi tertinggal dalam hal informasi. Keadaan inilah yang mengaharuskan umat islam untuk mampu mengambil momentum tersebut. Umat islam harus mampu menggunakan sarana yang tersedia demi menegakkan kalimat Alloh.

Kekuatan tulisan
Dalam studi komunikasi, media merupakan salah satu elemen penting dalam penyampain suatu pesan. Pun demikian dengan dakwah melalui tulisan. Dakwah melalui tulisan dapat dikatakan berhasil bila pesan yang disampaikan mampu dimengerti sekaligus dapat mengintervensi apa yang terdapat dalam pikiran dari pembacanya. Dalam konteks ini dakwah melalui tulisan diharapkan dapat menjadi penerang informasi, bukan sebagai elemen yang justru menruntuhkan nilai-nilai islam. Pengaruh besar media massa yang dapat membentuk opini public dapat menjadi alat yang efektif dalam penegasan nilai-nilai islam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tuhan 9 cm oleh Taufik Ismail

Review Buku : Competitive Advantage. Creating and Sustaining Superior Performance

Wonderkid FM 2009