Tak Ada yang Sia-sia

Peruntungan seseorang tiap harinya memang tak pernah sama. Hari ini bisa menjadi hari yang bersahabat, sedangkan dihari yang lain mungkin rentetan masalah bisa saja tak henti menghampiri. Seperti itulah saya menilai kehidupan. Tiap hari tak pernah sama. Maka bolehlah saya menilai perjalanan hidup di hari ini. Saya nyatakan hari ini “bukan” hari saya.

Sebabnya sederhana, setiap rencana yang saya siapkan tak berjalan sesuai dengan rencana. Pertama, (lagi dan lagi) saya gagal mendapatkan tiket pulang untuk tanggal 2 Juni besok. Hampir semua tiket kereta tujuan akhir Yogyakarta ludes terjual. Tidak sebanding dengan usaha selama 30-an menit mengantre di loket penjualan dan lagi-lagi saya pulang dengan tangan hampa.

Kedua, rencana menghibur diri tak kunjung terlaksana jua. Kesempatan mencuri-curi waktu di kantor tak selalu ada. Ketika kesempatan itu tiba, justru Tuhan mempunyai rencana berbeda. Awalnya, mall pejaten village jadi tujuan utama. Tapi apa daya, hujan datang terlalu cepat, sampai akhirnya saya dan teman-teman sekantor terdampar di pinggir jalan. Jumlah jas hujan tidak sebanding dengan jumlah manusia. Niat belanja barang kebutuan sekaligus niatan melepas penat dengan menonton musnah sudah. “resmi”, setengah kehidupan saya dihari ini dihabiskan di jalan raya.

***

Sekalipun demikian, saya tidak menyimpulkan hari ini penuh dengan kesia-siaan. Setiap hal yang diawali dengan usaha tidak akan pernah sia-sia. Percayalah, di dunia ini tak ada sesuatu yang sia-sia. Sebagaimana Tuhan menciptakan dunia seisinya tanpa kesia-siaan, maka demikian pula kehidupan manusia.

Untuk masalah ini, saya punya analogi tersendiri. Saya seorang muslim, tapi menyadari anjing tetap bermanfaat untuk menuntun saya jika suatu saat saya kehilangan barang berharga. Saya benci rokok, tapi tetap meyakini dengan mengetahui bahaya rokok, saya sadar bahwa barang ini memang tidak harus di dekati,

Tidak ada satu pun yang sia-sia di dunia ini, karena selalu ada hikmah dari setiap peristiwa. Bukan kah berani kotor itu baik kan?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tuhan 9 cm oleh Taufik Ismail

Review Buku : Competitive Advantage. Creating and Sustaining Superior Performance

Wonderkid FM 2009