Diskriminasi itu Merembet ke Sepakbola!!!



Ketika mendengar keinginan manajer Manchester City, Sven-Goran Eriksson untuk mengontrak Nashat Akram dari al - Ain. Saya membayangkan pintu sepakbola Eropa akan semakin terbuka lebar bagi pemain-pemain dari daratan Asia. Namun, hal itu hanya akan menjadi sebuah keinginan yang utopis bila diskriminasi terhadap bangsa tertentu juga berlaku untuk dunia sepakbola. Nashat Akram seperti yang kita ketahui merupakan salah satu bintang sepakbola Asia saat ini yang berasal dari Irak. “ Kegagalannya “ untuk merumput di liga Inggris tentunya mengundang tanda tanya besar mengingat dua klub yang bersangkutan setahu saya telah mencapai kata sepakat mengenai masalah transfer.

Kebijakan pemerintah Inggris, dalam hal ini Departemen dalam Negeri yang tidak mengeluarkan izin kerja terhadap Akram telah mencoreng Inggris sebagai salah satu Negara yang mengaku menganut paham demokrasi yang saat ini memiliki salah satu Liga termegah di dunia. Lebih menyakitkan lagi alibi yang digunakan untuk menolak Akram tidak dapat dipertanggungjawabkan. Bila penolakan didasarkan pada aturan yang menyebutkan hanya pemain dari Negara yang minimal berperingkat 70 dunia, hal ini sangat tidak masuk akal. Apakah kita lupa dengan realita di lapangan bahwa banyak pemain yang negaranya berperingkat di luar 70 besar dunia masih bertebaran di liga Inggris seperti yang berasal dari benua Afrika ? mengapa hal tersebut juga tidak diberlakukan pada Ali Al-Habsi (Oman), Kiper deputi dari Jussi Jaaskelainen yang peringkat negaranya bahkan jauh dibawah Irak (67 dunia) ?!

Tampaknya Liga Inggris harus membuktikan bahwa sentiment politik yang melibatkan Inggris dan Irak tidak merembet pada dunia Sepakbola. Bila tidak, hal ini tentu akan menjadi preseden buruk bagi sepakbola eropa pada khususnya. Semoga Akram dapat meniti karir di liga elit Eropa lain yang tidak kalah kompetitifnya dengan liga Inggris. Bravo sepakbola Asia dan Indonesia !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tuhan 9 cm oleh Taufik Ismail

Review Buku : Competitive Advantage. Creating and Sustaining Superior Performance

Wonderkid FM 2009